Praktikalitas dan Efektivitas Materi Ajar Keterampilan Berwawancara Berbasis Teknik Tiru Model dalam Gelar Wicara Tipe Light Entertainment di Televisi

Leona, Nindy (2020) Praktikalitas dan Efektivitas Materi Ajar Keterampilan Berwawancara Berbasis Teknik Tiru Model dalam Gelar Wicara Tipe Light Entertainment di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NINDY_LEONA_1601611_552_2020.pdf

Download (579kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah pertama, untuk mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar keterampilan berwawancara berbasis teknik tiru model dalam gelar wicara tipe light entertainment yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dan kegrafikkan). Kedua, mendeskripsikan bagaimana praktikalitas dan efektivitas materi ajar keterampilan berwawancara tipe light entertainment berbasis teknik tiru model yang digunakan oleh mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada kelas Retorika semester Juli-Desember 2019 program studi Pendidikan Bahasa Indonesia, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa materi ajar yang dihasilkan berkategori valid, praktis, dan efektif. Hal tersebut dilihat berdasarkan nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Nilai validitas materi ajar secara keseluruhan adalah 92,45% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas diperoleh dari dua cara, yaitu penilaian dosen dan penilaian mahasiswa. Nilai praktikalitas dari dosen adalah 88,89% dengan kategori sangat praktis. Nilai praktikalitas dari mahasiswa adalah 82,64% dengan kategori sangat praktis. Nilai efektivitas materi ajar diperoleh dari tiga cara, yaitu aktivitas belajar mahasiswa, penilaian afektif, dan hasil belajar mahasiswa. Nilai aktivitas belajar mahasiswa adalah 90,85% dengan kategori sangat aktif. Nilai afektif mahasiswa adalah 87,55 dengan predikat A. Nilai hasil belajar mahasiswa didapat dari dua tugas, yaitu tugas kelompok dan tugas individu. Nilai tugas kelompok yang didapat adalah 86,8 dengan predikat A. Nilai tugas individu yang didapat adalah 86 dengan predikat A. berdasarkan data yang dipaparkan, dapat disimpulkan bahwa materi ajar keterampilan berwawancara berbasis teknik tiru model dalam gelar wicara tipe light entertainment di televisi dapat menunjang hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran keterampilan berwawancara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NX Arts in general
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 19 Jun 2020 02:16
Last Modified: 19 Jun 2020 02:16
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27130

Actions (login required)

View Item View Item