Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA di SMA Negeri 1 Koto Baru Kab. Dharmasraya.

Andani, Chelsy (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division dan Kemampuan Awal terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas X MIA di SMA Negeri 1 Koto Baru Kab. Dharmasraya. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_CHELSY_ANDANI_17177042_3483_2019.pdf

Download (720kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan permasalahan di SMAN 1 Koto Baru yaitu pembelajaran biologi masih didominasi oleh guru, peserta didik kurang aktif dalam proses pembelajaran, dan kemampuan awal peserta didik kurang diperhatikan oleh guru menyebabkan rendahnya kompetensi belajar peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran dan kemampuan awal terhadap kompetensi ranah pengetahuan, sikap, dan keterampilan pada mata pelajaran biologi di Kelas X SMAN 1 Koto Baru Kab. Dharmasraya. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan rancangan penelitian factorial design 2x2 untuk kompetensi ranah pengetahuan, the static group comparison design untuk kompetensi ranah sikap dan keterampilan. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar untuk ranah pengetahuan dan non tes untuk ranah sikap dan keterampilan. Analisis data yang digunakan yaitu uji ANOVA dua arah, dan uji t. Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dan kemampuan awal berpengaruh positif terhadap kompetensi ranah pengetahuan peserta didik, 2) Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berpengaruh positif terhadap kemampuan awal tinggi peserta didik, 3) Model Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division berpengaruh positif terhadap kemampuan awal rendah peserta didik, 4) Model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division tidak berinteraksi dengan kemampuan awal dalam meningkatkan kompetensi ranah pengetahuan peserta didik, 5) Pada kompetensi ranah sikap kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol, 6) Pada kompetensi ranah keterampilan kelas eksperimen lebih baik dari kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division dalam meningkatkan kompetensi belajar peserta didik di kelas X MIA SMAN 1 Koto Baru Kab. Dharmasraya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:33
Last Modified: 18 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27098

Actions (login required)

View Item View Item