Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SMA Adabiah Padang

Susetri, lndah (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Berbicara di SMA Adabiah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_INDAH_SUSETRI_15016110_1298_2020.pdf

Download (475kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara di SMA Adabiah Padang. Dalam penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran mencakup tiga komponen utama, yaitu: (1) materi pembelajaran, (2) metode pembelajaran, dan (3) evaluasi pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Adabiah Padang. Data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan study dokumentasi tentang pelaksanaan pembelajaran keterampilan berbicara di SMA Adabiah Padang yang diperoleh dari sumber data. Teknik yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan study dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data yaitu identifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan temuan penelitian dan hasil penelitian dapat disimpulkan tiga hal berikut. (1) Penggunaan materi pembelajaran di SMA Adabiah Padang sudah menerapkan materi pembelajaran dengan kategori baik sekali. Materi ajar dipilih dan ditetapkan dengan pertimbangan dan memperhatikan masalah-masalah, antara lain (a) tujuan yang akan dicapai agar relevan, (b) tingkat kemampuan berfikir murid, (c) ruang lingkup (scope) serta urut-urutannya perlu disusun agar sistematis dan jelas, dan (d) waktu dan perlengkapan juga diperhatikan. (2) Penerapan metode pembelajaran di SMA Adabiah Padang sudah menerapkan metode pembelajaran dengan kategori sangat baik karena telah menggunakan banyak metode dalam proses pembelajaran seperti metode tanya jawab, ceramah, penugasan, diskusi, dan demonstrasi. (3) Pelaksanaan evaluasi pembelajaran di SMA Adabiah Padang sudah baik. Guru melakukan penilaian keterampilan berbicara dengan aspek-aspek yang sesuai, yaitu intonasi, pelafaan, kelancaran, ekspresi, penampilan, dan gestur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:32
Last Modified: 05 Apr 2021 00:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27092

Actions (login required)

View Item View Item