Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Pernikahan Pada Masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya

Puspita, Widiana Laksmi (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan tentang Pernikahan Pada Masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_WIDIANA_LAKSMI_PUSPITA_16017038_1054_2020.pdf

Download (476kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya, (2) fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimanakah struktur dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Entri penelitian ini adalah kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada masyarakat Jawa. Penelitian ini dilakukan di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya. Peneliti sendiri merupakan penduduk asli sehingga mempermudah dalam pengumpulan data. Pengumpulan data dilakukan dengan tahap pengamatan, wawancara dan perekaman. Hasil penelitian diperoleh struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada Masyarakat Jawa di Kenagarian Sungai Duo Kecamatan Sitiung Kabupaten Dharmasraya ada 2 bagian, yakni struktur yang terdiri dari dua bagian dan struktur tiga bagian. Fungsi sosial kep ercayaan rakyat ungkapan larangan tentang pernikahan pada masyarakat Jawa berupa: 1) sebagai penebal emosi keagamaan dan kepercayaan, 2) sebagai sistem proyeksi khayalan, 3) sebagai pendidikan, 4) sebagai penjelas melarang. Fungsi sosial sebagai alat hiburan bagi yang terkena musibah tidak ditemukan pada ungkapan larangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:57
Last Modified: 18 Jun 2020 02:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27087

Actions (login required)

View Item View Item