Pengembangan Mobile Media Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Bimbingan Tik Materi Perangkat Keras Komputer Kelas VII Smp Sederajat.

Mucharamah, Rini (2020) Pengembangan Mobile Media Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Mata Pelajaran Bimbingan Tik Materi Perangkat Keras Komputer Kelas VII Smp Sederajat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_RINI_MUCHARAMAH_15004046_788_2020.pdf

Download (566kB) | Preview

Abstract

Media pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan teknologi dibutuhkan agar pembelajaran berjalan secara efektif dan tidak monoton. Media pembelajaran dengan menggabungkan augmented reality (AR) dengan smartphone berbasis android dapat dihasilkan dalam bentuk mobile media sebagai salah satu solusi dari masalah tersebut. Hal tersebut melatarbelakangi penelitian ini sehingga menghasilkan mobile media Perangkat Keras (Hardware) komputer dalam bentuk 2D dan 3D berupa aplikasi android (AR Hardware) dan dilengkapi dengan AR Book. Program yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android menggunakan aplikasi Unity dan program untuk pembuatan media 3D menggunakan aplikasi Blender. Media pembelajaran yang dikembangkan dapat di standarisasi melalui uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Jenis Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan research and development (R&D) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Model ADDIE terdiri dari beberapa tahapan, yaitu: Analyze (analisis), Design (desain), Develop (pengembangan), Implement (implementasi), dan Evaluate( evaluasi). Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah produk berupa media pembelajaran berbasis android dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR Hardware) dilengkapi dengan AR Book sebagai penunjang. Sampel penelitian untuk uji efektifitas adalah 30 orang siswa kelas VII SMP Negeri 25 Padang Tahun Ajaran 2019/2020. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaranAR Hardware dapat dijelaskan bahwa penilaian yang dilakukan oleh ahli materi mendapatkan total skor 76 dengan kategori "sangat valid", dengan persentase kategori kelayakan adalah 95%, penilaian yang dilakukan oleh ahli media mendapatkan rata-rata total skor 96 dengan kategori "sangat valid", dengan rata-rata persentase kategori kelayakan adalah 96%, penilaian yang dilakukan oleh pengguna mendapatkan rata-rata total skor 88,90 dengan kategori "sangat praktis", dengan rata-rata persentase kategori kelayakan adalah 88,9 %. Berdasarkan hasil perhitungan T-Test menggunakan pre- test dan post-test didapatkan t hitung sebesar 6,35198 dan t tabel adalah 2,045. Maka dapat diketahui t hitung lebih besar dari t tabel (6,35198 > 2,045), maka AR Hardware yang dikembangkan efektif digunakan pada mata pelajaran Bimbingan TIK kelas VII 1 SMP N 25 Padang. Kata kunci: Pengembangan, media pembelajaran, mobile media, android, augmented reality. 1

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27082

Actions (login required)

View Item View Item