Pengembangan Media Video Motion Graphic pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas VII SMP.

Parma, Indra Dwi (2020) Pengembangan Media Video Motion Graphic pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_INDRA_DWI_PARMA_15004057_729_2020.pdf

Download (801kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran yakni karena guru tidak menerapkan media pembelajaran yang menarik dan hanya mengandalkan buku teks sehingga siswa merasa bosan dengan proses pembelajaran. Pengembangan media video motion graphic ini dapat menjadi kebutuhan siswa dalam proses pembelajaran untuk membangun ketertarikan dan minat siswa terhadap materi yang diajarkan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk media video motion graphic sebagai media pembelajaran yang sesuai dengan kriteria kelayakan materi, media, dan keparktisan pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII SMP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Penelitian ini menggunakan model pengembangan yang dikemukakan oleh Borg and Gall. Tahap model ini dimodifikasi menjadi 5 langkah, yaitu perencanaan pengembangan produk awal, validasi produk, uji coba terbatas dan produk akhir. Penelitian ini dilakukan dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada semester 1 dengan materi 1 kompetensi dasar dan 2 pembahasan. Produk hasil pengembangan dinilai oleh 1 orang ahli materi yakni guru bidang studi Pendidikan Kewarganegaraan kelas VII di SMP Negeri 2 Padang dan 2 orang ahli media yakni dosen jurusan Kurikulum dan Teknologi Pendidikan. Penilaian uji praktikalitas dilakukan oleh 20 orang siswa kelas VII.6 SMP Negeri 2 Padang. Pengujian dilakukan dengan 2 cara yaitu uji validitas dan praktikalitas. Hasil uji validitas produk oleh 3 validator yaitu 1 orang validator ahli materi dan 2 orang validator ahli media. Hasil uji validitas produk untuk aspek materi berada pada kategori "sangat valid" dengan nilai yang diperoleh validator sebesar 4,88, untuk aspek media berada dikategori "sangat valid" dengan nilai yang diperoleh validator I sebesar 4,81 dan validator II sebesar 4,86. Selanjutnya, uji coba kepraktisan produk dilakukan kepada 20 orang siswa kelas VII.6 di SMP Negeri 2 Padang. untuk hasil uji kepraktisan produk berdasarkan uji coba yang telah dilakukan berada pada kategori "sangat praktis" dengan nilai yang diperoleh sebesar 4,69. Dengan demekian pengembangan media video motion graphic layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci : Pengembangan , motion graphic, pendidikan kewarganegaraan, adobe after effect.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27080

Actions (login required)

View Item View Item