Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky pada Mata Pelajaran PPKn kelas VIII SMP/MTS.

Putri, Hernela (2020) Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Aplikasi Focusky pada Mata Pelajaran PPKn kelas VIII SMP/MTS. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_HERNELA_PUTRI_15004043_901_2020.pdf

Download (814kB) | Preview

Abstract

Penggunaan multimedia berbantuan aplikasi komputer merupakan upaya terkini dalam memecahkan masalah pembelajaran di kelas. Hal ini merujuk pada konsep multimedia yang merupakan gabungan dari media teks, gambar, video, dan animasi dalam satu program komputer, sehingga dapat berfungsi sebagai alat untuk berkomunikasi antara guru dan siswa dalam pembelajaran. Untuk penelitian pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Focusky pada mata pelajaran PPKn kelas VIII SMP/MTs bertujuan untuk mengembangkan produk dan menguji validitas dan praktikalitas, sehingga valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. J enis penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan yang dikenal dengan istilah Research and Development (R&D). Adapun prosedur pengembangan pada penelitian ini berdasar pada model pengembangan Bord dan Gall yang terdiri dari 5 tahapan yang telah disederhanakan sesuai dengan kebutuhan yaitu: (1) Tahap Perencanaan, (2) Pengembangan Produk Awai, (3) Validasi Produk, (4) Uji Coba, dan (5) Produk Akhir. Uji validitas produk melibatkan 3 orang validator, yaitu 1 orang ahli materi dan 2 orang ahli media. Kemudian uji coba produk dilakukan dengan melibatkan 20 orang siswa kelas VIII.A di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Berdasarkan penilaian validator terhadap pengembangan multimedia pembelajaran berbasis aplikasi Focusky pada mata pelajaran PPKn kelas VIII dikategorikan valid untuk digunakan dengan kategori nilai 4 dan 5 pada masing­ masing indikator yang memiliki skor rata­rata sebesar 4,83 dengan persentase 97% oleh 1 orang ahli materi. Kemudian penilaian oleh 2 orang ahli media juga dikategorikan valid dengan kategori nilai 4 dan 5 pada masing­masing indikator yang memiliki rata­rata sebesar 4,87 dengan persentase 97% dari ahli media I dan rata­rata dari ahli media II sebesar 4,87 dengan persentase 97%. Setelah dilakukan revisi dan perbaikan, selanjutnya pada hasil uji coba produk multimedia pembelajaran ini berada pada kategori praktis dengan memperoleh jumlah rata­ rata sebesar 4, 72 dengan persentase 94%. Hasil yang telah diperoleh tersebut dapat disimpulkan bahwa produk multimedia pembelajaran berbasis aplikasi Focusky pada mata pelajaran PPKn kelas VIII sudah memenuhi kriteria valid dan praktis, sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Pengembangan, Multimedia Pembelajaran, Aplikasi Focusky

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27079

Actions (login required)

View Item View Item