Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Senandung (Lullaby)Ende Bue-bue Masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan

Fitriani, Rika (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Nyanyian Rakyat Senandung (Lullaby)Ende Bue-bue Masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_RIKA_FITRIANI_16017034_880_2020.pdf

Download (632kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) struktur nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue Masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan; dan (2) fungsi sosial nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue Masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman nyanyian senandung, pencatatan, pengamatan, dan wawancara. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi data dan; (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa struktur teks nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan terdiri atas (1) baris dengan jumlah keseluruhan 231 baris, (2) bait yang ditemukan sebanyak 54 bait, (3) unsur bunyi yang terdapat pada teks nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue yaitu rima berpola ab-ab, aa-bb, dan aa-aa, aliterasi dan asonansi, kakafoni dan efoni, anafora dan epifora, (4) nyanyian rakyat senandung (lullaby) Ende Bue-bue ini menggunakan kosakata daerah yaitu kosakata Batak Angkola Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan, (5) pola asosiasi yang digunakan dalam Ende Bue-bue adalah asosiasi yang menimbulkan pikiran yang menyenangkan, (6) teks nyanyian rakyat senandung Ende Bue-bue ditemukan beberapa citraan yaitu citraan penglihatan, citraan pendengaran, citraan rasaan, citraan rabaan, dan citraan gerak, (7) pada teks nyanyian rakyat senandung terdapat tiga tema yaitu kemanusiaan, cinta (kasih antara ibu dan anak), dan kritik sosial dan amanat. Pada teks nyanyian rakyat (lullaby) Ende Bue-bue masyarakat Desa Sorimanaon Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan terdapat tiga fungsi yaitu (1) sarana kreatif, (2) pembangkit semangat, (3) protes sosial. Selain fungsi tersebut juga ditemukan bahwa nyanyian rakyat senandung berfungsi sebagai doa untuk anaknya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > ML Literature of music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27078

Actions (login required)

View Item View Item