Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Gugus 2 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Pariaman

Suhernisa MY, Suhernisa MY (2019) Pengaruh Model Problem Based Learning dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas IV SD Negeri Gugus 2 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SUHERNISA_MY_17124120_2202_2019.pdf

Download (376kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam memecahkam masalah yang terdapat pada mata pelajaran matematika, sehingga berdampak terhadap hasil belajar siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki Pengaruh model problem based learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika kelas IV SDN Gugus 2 Batang Anai Kecamatan Batang Anai Kabupaten Pariaman. Jenis penelitian adalah Quasi Eksperimen design. Populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 2 Batang Anai yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Data penelitian dikumpulkan menggunakan rata-rata hasil belajar yang hampir sama yaitu SDN 22 Batang Anai sebagai kelas eksperimen dan SDN 28 Batang Anai sebagai kelas kontrol. Teknik analisa data yang digunakan yaitu uji t dan uni anova. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik daripada hasil belajar yang menggunakan model konvensional diperoleh thitung sebesar 5,477 dengan taraf signifikansi 0,000. (2) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang menggunakan model konvensional diperoleh thitung sebesar 6,285 dengan taraf signifikansi 0,000. (3) Hasil belajar siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah yang menggunakan model konvensional diperoleh thitung sebesar 5,195 dengan taraf signifikansi 0,000. (4) Tidak terdapat interaksi yang signifikan antara model Problem Based Learning dengan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar diperoleh Fhitung sebesar 0,468 dengan Nilai Sig. 0,498.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 18 Jun 2020 02:56
Last Modified: 18 Jun 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27065

Actions (login required)

View Item View Item