Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Mengenai Masa Hamil, Masa Melahirkan, dan Masa Kanak-kanak Masyarakat di Kanagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limo Puluah Koto

Zalita, Faradila (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Kepercayaan Rakyat Ungkapan Larangan Mengenai Masa Hamil, Masa Melahirkan, dan Masa Kanak-kanak Masyarakat di Kanagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limo Puluah Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FARADILA_ZALITA_16017026_124_2020.pdf

Download (435kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan struktur dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan mengenai masa hamil, masa melahirkan, dan masa kanak-kanak pada masyarakat di Kanagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limo Puluah Koto. Pertanyaan yang diangkat dalam skripsi ini adalah bagaimanakah struktur dan fungsi sosial kepercayaan rakyat ungkapan larangan mengenai masa hamil, masa melahirkan, dan masa kanak-kanak masyarakat di Kanagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limo Puluah Koto. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara. Pengumpulan data ini dilakukan dengan tahapan: wawancara, perekaman, tahap pencatatan data, dan tahap transkripsi data ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian diperoleh struktur kepercayaan rakyat ungkapan larangan mengenai masa hamil, masa melahirkan, dan masa kanak-kanak masyarakat di Kanagarian VII Koto Talago Kecamatan Guguak Kabupaten Limo Puluah Koto ada 2 bagian, yakni struktur dua bagian dan struktur tiga bagian. Fungsi sosial kepercayaan ungkapan larangan mengenai masa hamil, masa melahirkan, dan masa kanak-kanak berupa: 1) Sebagai Penebal Emosi Keagamaan dan Kepercayaan, 2) Sebagai Sistem Proyeksi Khayalan, 3) Sebagai Pendidikan, dan 4) Sebagai Penjelasan Melarang. Fungsi sebagai alat hiburan bagi yang terkena musibah tidak ditemukan pada ungkapan larangan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:47
Last Modified: 06 Apr 2021 05:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27061

Actions (login required)

View Item View Item