Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia)

Evant, Tiara Saumy (2019) Pengaruh Profitabilitas, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Kebijakan Dividen (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Sektor Industri Barang Konsumsi Di Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_TIARA_SAUMY_EVANT_4928_15053051_2019.pdf

Download (389kB) | Preview

Abstract

Pembagian dividen identik dengan hak pemegang saham atas investasi yang dilakukan dalam pasar modal. Namun tidak semua perusahaan selalu membagikan dividennya setiap tahun. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi kebijakan dividen adalah profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh profitabilitas, pertumbuhan penjualan, dan ukuran perusahaan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Jenis penelitian ini adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2012-2017 dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pada penelitian ini diperoleh sampel sebanyak 16 perusahaan dari 42 perusahaan yang terdaftar sebagai sektor industri barang konsumsi. Data diperoleh dari ICMD dan laporan keuangan perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji t statistik dengan tingkat α= 5 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa profitabilitas memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di BEI. Sedangkan pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi di BEI. Sementara itu, ukuran perusahaan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan dividen pada perusahaan manufaktur sektor industri barang konsumsi yang terdaftar di BEI.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mrs Risna Juita
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:43
Last Modified: 17 Jun 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27059

Actions (login required)

View Item View Item