Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang

Ghazali, Akbar Maulana (2020) Korelasi Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berita dengan Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_AKBAR_MAULANA_GHAZALI_1506058_771_2020.pdf

Download (524kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, mendeskripsikan korelasi membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019, yaitu 245 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 25% dari populasi, yaitu 49 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman teks berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman teks berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (B). Ketiga, terdapat korelasi keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang dengan derajat kebebasan n-1 pada taraf kepercayaan 95%. Nilai thitung (5,55) lebih besar daripada ttabel (1,68) yaitu thitung > ttabel (5,55>1,68) dengan demikian H0 ditolak dan H1 diterima karena hasil pengujian membuktikan bahwa thitung lebih besar daripada ttabel. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman teks berita berkorelasi dengan keterampilan menulis teks berita. Semakin baik keterampilan membaca pemahaman teks berita akan semakin baik pula keterampilan menulis teks beritanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:43
Last Modified: 17 Jun 2020 07:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27057

Actions (login required)

View Item View Item