Efektivitas Media Pohon Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal bagi Anak Tunarungu di SLBN 1 Payakumbuh.

Utami, Yatri (2020) Efektivitas Media Pohon Huruf dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal bagi Anak Tunarungu di SLBN 1 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_YATRI_UTAMI_15003187_1228_2020.pdf

Download (604kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan didasarkan permasalahan dalam mengenal huruf vokal di kelas I siswa tunarungu di SLBN 1 Payakumbuh. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal bagi anak tunarungu menggunakan media pohon huruf di SLBN 1 Payakumbuh. Kemampuan mengenal huruf vokal yang ditingkatkan yaitu menyebutkan, menunjukkan, dan membedakan hurufvokal.. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas yang dilakukan dua siklus setiap siklus dilaksanakan empat kali pertemuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan kolaborasi antara peneliti dan guru. Subjek penelitian ini yaitu seorang siswa tunarungu kelas I dan seorang guru (peneliti). Metode yang digunakan dalam penelitian ini observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada siswa tunarungu. Pada kemampuan awal siswa belum mampu mengenal huruf vokal diantaranya menyebutkan, menunjukkan, dan membedakan huruf vokal. Setelah menggunakan media pohon huruf guru mengajarkan menyebutkan dengan mengambilkan dan memasangkan dan memasangakan huruf dengan cara bermain agar siswa tertarik dengan penggunaan media tersebut nilai siswa mengalami kenaikan pada siklus I sebesar 53,3% pada pertemuan empat. Pada siklus II nilai siswa meningkat menjadi 76,6% pada pertemuan terakhir. Pembelajaran ini difokuskan pada mengenal huruf yang belum dikuasai siswa. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa madia pohon huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal bagi siswa tunarungu. Kata Kunci: Mengenal huruf vokal, media pohon huruf, tunarungu 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 07:42
Last Modified: 17 Jun 2020 07:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27053

Actions (login required)

View Item View Item