Efektifitas Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke Samping bagi Siswa Tunarungu Kelas II di SLB Wacana Asih Padang.

Hasibuan, Siti Hardiyanti (2020) Efektifitas Permainan Tradisional dalam Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Deret Ke Samping bagi Siswa Tunarungu Kelas II di SLB Wacana Asih Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SITI_HARDIYANTI_HASIBUAN_15003137_1239_2020.pdf

Download (638kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan pada siswa kelas II B di SLB Wacana Asih Padang yang belum bisa melakukan penjumlahan deret ke samping dengan hasil lebih dari 10 dengan benar. Guru kelas selama ini mengalami kesulitan dalam menjelaskan penjumlahan deret ke samping yang hasilnya lebih dari 10 kepada siswa karena saat dijelaskan secara klasikal siswa kurang mengerti dan saat dijelaskan secara individual siswa tidak sabar menunggu gilirannya. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan permainan tradisional dalam upaya meningkatkan kemampuan penjumlahan deret ke samping siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang mana disetiap pertemuan dilakukan evaluasi. Siklus dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran penjumlahan deret ke samping melalui permainan tradisional damdas 16 batu berjalan dengan baik terlihat dari siswa bisa melaksanakan langkah-langkah dalam memainkan permainan tradisional damdas 16 batu dengan benar. 2) permainan tradisional damdas 16 batu efektif dalam meningkatkan kemampuan penjumlahan deret ke samping siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes kemampuan siswa setelah diberi tindakan dalam dua siklus dengan menggunakan permainan tradisional damdas 16 batu. Kata kunci : permainan tradisional, operasi penjumlahan, siswa tunarungu IV

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:49
Last Modified: 17 Jun 2020 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27048

Actions (login required)

View Item View Item