Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Rias dari Stik Es Krim melalui Metode Demonstrasi bagi Anak Tunarungu Kelas IX B Perwari Padang.

Fatimah, Siti (2020) Meningkatkan Keterampilan Membuat Lampu Rias dari Stik Es Krim melalui Metode Demonstrasi bagi Anak Tunarungu Kelas IX B Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SITI_FATIMAH_15003029_1120_2020.pdf

Download (592kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan kelas IX B di SLB Perwari Padang yaitu permasalah dalam proses pembelajaran keterampilan. Siswa masih memperoleh nilai rendah dalam pembuatan lampu hias dari stik es krim dan masih membutuhkan waktu yang lama dalam proses menyelesaikan keterampilan tersebut. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mendeskripsikan proses serta hasil pembuatan lampu hias dari stik es krim melalui metode demonstrasi bagi siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah guru dan dua orang siswa. Penelitian dilaksanakan dua siklus, dimana setiap siklusnya terdapat empat kali pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan terhadap proses pembelajaran yang diberikan terhadap siswa. Pada kondisi awal siswa memperoleh nilai rendah yaitu 3 8, 7% dan 38,3% sedangkan nilai diperoleh pada siklus I 64,5% dan 64,5%. Karena siklus I siswa masih belum meningkat, maka dilanjutkan pada siklus II. Siklus II siswa memperoleh nilai rata-rata 90,3% dan 95%. Disimpulkan bahwa metode demonstrasi dapat meningkatkan keterampilan membuat lampu hias dari stik es krim melalui metode demonstrasi bagi anak tunarungu. Saran untuk meningkatkan ketererampilan membuat lampu hias dari stik es krim, kedepannya agar lebih memperhatikan kemampuan siswa dan memberikan keterampilan sesuai dengan yang diminati oleh siswa agar lebih mudah dalam mengasah kemampuan yang siswa minati dalam masing-masing bakat siswa tertentu. Kata Kunci : Keterampilan, Lampu Rias, Metode Demonstrasi. Tunarungu. 11

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:48
Last Modified: 17 Jun 2020 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27047

Actions (login required)

View Item View Item