Efektivitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kopi dari Biji Pepaya bagi Anak Tunarungu (Pre-Experiment Design di SLB YPPLB Padang)

Fahirah, Siti (2020) Efektivitas Metode Proyek dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Kopi dari Biji Pepaya bagi Anak Tunarungu (Pre-Experiment Design di SLB YPPLB Padang). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SITI_FAHIRAH_15003105_1092_2020.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB YPPLB Padang pada anak tunarungu kelas X. Terdapat lima orang anak pada satu kelas dimana anak tersebut belum bisa mengembangkan keterampilan yang ada. Selama ini guru hanya mengajarkan keterampilan dari barang bekas dan musik saja. Tujuan penelitian tersebut untuk mengajarkan anak dalam keterampilan vokasional membuat kopi dari biji pepaya melalui metode proyek. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Experiment dengan jenis one group pretest-postest design. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu tahapan awal untuk mengetahui nilai anak sebelum diberikan perlakuan (pre-test), tahapan kedua yaitu pemberian perlakuan ( treatment) dalam keterampilan membuat kopi dari biji pepaya dengan menggunakan metode proyek, selanjutnya tahap ketiga pemberian tes terakhir untuk mengetahui seberapa jauh akibat dari perlakuan yang sudah diberikan (post-test). Nilai dari pre-test dan post-test diolah serta dibandingkan dengan menggunakan uji Wilcoxon untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil proses kerja dari kelima siswa dalam keterampilan vokasional membuat kopi dari biji pepaya setelah diolah dengan menggunakan uji wilcoxon sign rank tast memperoleh rata-rata pada saat pretest yaitu 30,60 sedangkan untuk posttest terdapat peningkatan yakni menjadi 82,80. Data diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rank test antara pretest dan posttest 2,023 dengan Asymp. Sig (2-tailed) 0,043. Probabilitas yang telah ditetapkan a = 0,05. Hipotesis altematif diterima karena probabilitas < dari probabilitas yang telah ditetapkan yakni 0,043 < 0,05. Jadi terbukti bahwa penggunaan metode proyek efektif dalam keterampilan vokasional membuat kopi dari biji pepaya bagi anak tunarungu kelas X di SLB YPPLB Padang. KataKunci : Metode Proyek, Biji Pepaya, Tunarungu

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 06:48
Last Modified: 17 Jun 2020 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27046

Actions (login required)

View Item View Item