Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Si Boko di Nagari Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang

Faiska, Alodia (2020) Struktur dan Fungsi Sosial Cerita Rakyat Legenda Si Boko di Nagari Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ALODIA_FAISKA_16017001_317_2019.pdf

Download (608kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: ( 1) struktur cerita rakyat legenda Si Boko di Nagari Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang, dan (2) fungsi sosial cerita rakyat legenda Si Boko di Nagari Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini adalah cerita rakyat legenda Si Boko di N agari Sungai Pisang Kecamatan Bungus Teluk Kabung Kota Padang. Data dikumpulkan dari informan melalui teknik perekaman, wawancara, dan observasi. Data yang sudah dikumpulkan selanjutnya dianalisis dengan beberapa tahap: (1) tahap identifikasi data; (2) tahap klasifikasi atau analisis data; (3) tahap pembahasan dan penyimpulan hasil klasifikasi atau analisis data; dan (4) tahap pelaporan. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan beberapa hal. (1) Struktur cerita rakyat legenda Si Boko meliputi: (a) penokohan, yaitu tokoh utama dan tokoh sampingan yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Si Boko adalah Si Boko sebagai tokoh utama dan ibu serta orang-orang kampung yang menjadi tokoh sampingan;(b) gaya bahasa, tuturan penutur (informan) dalam cerita rakyat legenda Si Boko mudah dipahami dan penutur (informan) pasif menggunakan bahasa Minangkabau dialek N agari Sungai Pisang; ( c) latar dalam cerita rakyat legenda Si Boko adalah latar tempat yang terbagi atas beberapa tempat yaitu di ladang, di kampung, dan di Pulau. Latar waktu yang terdapat dalam kisah ini yaitu pada zaman dahulu, dan latar sosialnya yaitu keluarga miskin (d) alur dalam cerita rakyat legenda Si Boko memiliki beberapa tahap yaitu tahap awal merupakan tahap perkenalan, tahap tengah menampilkan pertikaian, pertentangan atau konflik yang sudah dimunculkan pada tahap sebelumnya dan tahap akhir disebut juga tahap pelarian yang menampilkan peristiwa sebagai akibat klimaks (e) tema dalam cerita rakyat legenda Si Boko yaitu anak durhaka; dan (f) amanat dalam cerita rakyat legenda Si Boko adalah tidak boleh durhaka kepada orang tua; selalu berprilaku yang baik kepada orang tua; mengikuti apa yang diperintahkan orang tua; dan selalu rendah hati, (2) Fungsi sosial yang terdapat dalam cerita rakyat legenda Si Boko adalah sarana pendidikan; pewarisan tradisi lisan; dan sebagai alat pemaksa dan pengawas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: P Language and Literature > PZ Childrens literature
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 06 Apr 2021 05:47
Last Modified: 06 Apr 2021 05:47
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27045

Actions (login required)

View Item View Item