Menirukan Bacaan Surat Al-Ikhlash Ayat 1-4 melalui Media Audio Visual bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Perwari Padang.

Nofitry, Rezy (2020) Menirukan Bacaan Surat Al-Ikhlash Ayat 1-4 melalui Media Audio Visual bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_REZY_NOFITRY_54030_1301_2020.pdf

Download (550kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VIII di SLB Perwari Padang yang mengalami permasalahan dalam mata pelajaran Agama. Kondisi ini terlihat dari kemampuan anak yang belum bisa menirukan bacaan surat pendek. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan bacaan surat al-ikhlas ayat 1 - 4 melalui media audio visual bagi anak tunagrahita ringan di kelas VIII SLB Perwari Padang. Penelitian ini dilakukan dengan kolaborasi teman sejawat dengan bentuk kegiatan tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, yaitu siklus satu dan dua. Masing-masing siklus terdiri dari empat kali pertemuan yang mana dalam satu kali pertemuan 2 x 35 menit. Data dikumpulkan berdasarkan instrumen penelitian dan instrumen observasi yang diisi oleh observer yang telah ditetapkan sebelumnya, selanjutnya diolah dengan menggunakan teknik persentase. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Classroom action research). Data dikumpulkan melalui observasi, tes perbuatan, dokumentasi dan diolah secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil tes awal (assessment) awal AF (12.5%), FR (37.5%), AM (25%), dan NS memperoleh nilai (25%). Siklus I nilai yang tertinggi diperoleh AF (37.5%), FR (62.5%), AM (37.5%), dan NS memperoleh nilai (50%). Sedangkan pada siklus II kemampuan anak dalam menirukan bacaan surat Al- ikhlas menunjukkan peningkatan signifikan dimana AF memperoleh nilai akhir (87.5%), FR (100%), AM (87.5%), dan NS memperoleh nilai (100%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan kemampuan hafalan surat pendek bagi anak tunagrahita ringan di SLB Perwari Padang ll

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BS The Bible
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jun 2020 03:50
Last Modified: 17 Jun 2020 03:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27034

Actions (login required)

View Item View Item