Meningkatkan keterampilan membuat karangan bunga papan melalui video tutorial pada anak tunarungu kelas VIII di SLB N 1 Lima Kaum Kab.Tanah Datar.

Fadhilla, Nia (2020) Meningkatkan keterampilan membuat karangan bunga papan melalui video tutorial pada anak tunarungu kelas VIII di SLB N 1 Lima Kaum Kab.Tanah Datar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_NIA_FADHILLA_15003166_1222_2020.pdf

Download (630kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi ditemukannya anak tunarungu kelas VIII yang belum mampu dalam membuat karangan bunga papan dengan baik. Hal ini disebabkan oleh Pembuatan karangan bunga papan kebanyakan guru yang mengerjakannya kecuali menempelkan bunga-bunga dan porn-porn, kemampuan anak dalam membuat karanga bunga papan masih rendah, dan pembelajaran membuat karangan bunga papan hanya dilaksanakan ketika ada pesanan. Metode yang digunakan yaitu media video tutorial. Media video tutorial ini mempunyai kelebihan salah satunya yaitu dapat ditayangkan secara berulang-ulang. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas yang terbagi dari dua siklus, setiap siklus terbagi dari empat kali pertemuan yang dilaksanakan dalam beberapa tahap ialah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses meningkatkan keterampilan membuat karangan bunga papan melalui media video tutorial pada anak tunarungu. Hasil kemampuan awal RV 36 % dan RD 33 %, pada hasil siklus I setelah diberikan tindakan dalam pertemuan pertama RV 38 % dan RD 36 %, sampai dengan pertemuan keempat yaitu RV 54 % dan 52 %. Selanjutnya pada siklus II memperoleh hasil akhir RV 86 % dan RD 86 % . Hasil observasi guru pada siklus I 78 % dan siklus II 90%. Hasil dari keterampilan membuat karangan bunga papan bisa meningkat dengan menggunakan media video tutorial. Maka dapat disimpulkan bahwa keterampilan membuat karangan bunga papan melalui media video tutorial dapat meningkat dengan baik. Kata kunci : Tunarungu, karangan bunga papan, video tutorial ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TT Handicrafts Arts and crafts
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:24
Last Modified: 16 Jun 2020 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27005

Actions (login required)

View Item View Item