Efektivitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keripik Pisang Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Perwari Padang.

kurnia, Megi (2020) Efektivitas Media Video Tutorial Untuk Meningkatkan Kemampuan Membuat Keripik Pisang Bagi Siswa Tunagrahita Ringan Kelas VIII di SLB Perwari Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MEGI_KURNIA_15003016_1295_2020.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada kelas VIII C di SLB Perwari Padang, Keterampilan Tata boga yang diberikan di SLB Perwari Padang masih sedikit dan terbatas dan juga metode pembelajaran yang diajarkan guru kepada peserta didik hanya metode demonstrasi dan ceramah, dari masalah tesebut peneliti tertarik memberikan keterampilan vokasional membuat keripik pisang di SLB Perwari Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan Eksperimen Single Subject Research (SSR), dengan deasin A-B-A. Teknik analisis datanya menggunkan analisis visual grafik. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita ringan. Target behavior dalam penelitian ini adalah anak bisa mengetahui cara pembuatan keripik pisang dengan benar. Pengukuran variabelnya dengan menggunakan persentase dari jumlah butir instrumen. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan anak dalam cara pembuatan keripik pisang meningkat, dapat di lihat dari kondisi baseline (Al) yang di laksanakan empat kali pengamatan persentase rata-rata kemampuan anak masih rendah yaitu 11 %, 22%, 22%, 22%, karena data stabil pada pengamatan kedua sampai keempat, maka peneliti melanjutkan pada kondisi Intervensi(B), yang dilakukan tujuh kali pengamatan. Persentase yang di peroleh anak meningkat dari kondisi pertama yaitu 33%, 56%, 78%, 76%, 78%, 78%, 78%, karena data stabil pada pengamatan kelima samapi ketujuh, maka dilanjutkan pada kondisi (A2) yang di lakukan empat kali pengamatan, diperoleh persentase kemampuan yang sama dari hari pertama samapai keempat yaitu 78%, karena data pada kondisi ini satbil, maka peneliti memberhantikan pengamatan. Berdasrakan data tersebut menunjukan bahwa, media video tutorial dapat meningkatkan kemampuan cara membuat keripik pisang anak tunagrahita ringan. Kata kunci : video tutorial, kemampuan cara membuat keripik pisang, Tunagrahita Ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > TX Home economics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:24
Last Modified: 16 Jun 2020 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/27001

Actions (login required)

View Item View Item