Pelaksanaan Pembelajaran Vokal Group dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Padang

Angraini, Vivi (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Vokal Group dalam Mata Pelajaran Seni Budaya di Kelas VII-4 SMP Negeri 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_VIVI_ANGRAINI_15023035_829_2020.pdf

Download (446kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran vokal group dalam mata pelajaran Seni Budaya di kelas VII-4 SMP Negeri 3 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode kualitatif. Instrumen penelitian ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan instrumen pendukung seperti alat tulis, kamera, serta perekam suara. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Langkah-langkah untuk menganalisis data adalah mengumpulkan data, mengidentifikasi data, mengklasifikasi data mengklarifikasi data, mendeskripsikan dan menyimpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran vokal group yang dilaksanakan oleh guru di kelas VII-4 SMP Negeri 3 Padang belum berjalan dengan baik dan belum memenuhi target dari tujuan pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang kurang relevan antara RPP dengan yang dilaksanakan oleh guru. Guru kurang memahami konsep dan teknik bernyanyi secara vokal group dengan baik sehingga membuat siswa kurang memahami bernyanyi dalam bentuk vokal group. Pada saat pembelajaran guru hendaknya memberikan pembekalan musikalitas pada siswa, sehingga pemahaman siswa tentang bernyanyi vokal group dapat dijalankan dengan baik, dan tidak hanya sekedar menghafalkan lagu saja.Oleh karena itu masih ada beberapa siswa yang belum bisa mempraktikkan dengan benar, karna kurangnya latihan terbimbing, kurang memahami materi dan praktek bernyanyi dalam bentuk vokal group dengan benar yang berimbas pada nilai siswa. Pada hasil evaluasi belajar bernyanyi dalam bentuk vokal group siswa kelas VII-4 nilai tertinggi hanya mencapai 87 dan nilai terendah 75.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:24
Last Modified: 16 Jun 2020 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26998

Actions (login required)

View Item View Item