Meningkatkan Keterampilan Membuat Celemek Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Anak Tunagrahita Ringan.

Putri, Maifi Yolanda (2020) Meningkatkan Keterampilan Membuat Celemek Melalui Metode Practice Rehearsal Pairs pada Anak Tunagrahita Ringan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_MAIFI_YOLANDA_PUTRI_15003049_1282_2020.pdf

Download (495kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan pada anak tunagrahita ringan kelas XII di SLB YP AC SUMBAR. Terdapat empat orang siswa mengalami masalah dalam membuat celemek dengan baik dan benar. Kemampuan awal yang dilakukan menunjukkan motorik yang baik. selama ini guru sering memberikan metode ceramah dan penugasan dalam memberikan pembelajaran keterampilan dengan penugasan secara individu. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitiantindakan kelas ( classroom action research) yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali tatap muka dan satu kali evaluasi setiap siklus. Siklus penelitian yang dilakukan diawali dengan kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berdasarkan tindakan dan hasil analisis menunjukkan peningkatan keterampilan membuat celemek menggunakan metode practice rehearsal pairs. Dimana kemampuan awal anak sebelum diberi tindakan adalah: AG 47,2%, ZZ 50%, DN 44,4% dan NS 63%. Hasil pembelajaran keterampilan anak setelah diberikan tindakan pada siklus I yaitu: AG 61 %, ZZ 66,6%, DN 58,3%, dan NS 75%. Di siklus II nilai antar pasangan bertambah menjadi AG 88,8%, ZZ 94,4%, DN 88,8% dan NS 100%. Dari data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa metode practice rehearsal pairs dapat meningkatkan keterampilan membuat celemek. Kata kunci: celemek, metode practice rehearsal pairs, anak tunagrahita. ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:24
Last Modified: 16 Jun 2020 08:24
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26997

Actions (login required)

View Item View Item