Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan (b, d, p dan q) Melalui Media Kartu Huruf pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SLB Negeri Batam) Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP.

Kamiyem,, Kamiyem, (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Konsonan (b, d, p dan q) Melalui Media Kartu Huruf pada Anak Tunagrahita Kategori Sedang (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas III SLB Negeri Batam) Jurusan Pendidikan Luar Biasa FIP-UNP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_KAMIYEM_1309559_1243_2020.pdf

Download (471kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah adanya permasalahan yang ditemukan di SLB N egeri Batam pada anak tunagrahita kategori sedang kelas III yaitu siswa mengalami permasalah mengenal huruf (b, d, p, dan q). Pada pembelajaran guru hanya melakukan metode tanya jawab pada siswa dan metode ceramah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf melalui media kartu huruf pada anak tunagrahita sedang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, siklus yang dilakukan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Hasil penelitian terdapat peningkatan dalam mengenal huruf b, d, p dan q melalui media kartu huruf pada anak tunagrahita sedang. Hasil tes kemampuan awal pada siklus I 42% dan pada siklus II 83 %. Kesimpulannya bahwa media kartu huruf dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf b, d, p, dan q pada anak tunagrahita sedang di di SLB N Batam. Kata Kunci : Huruf Konsonan, Kartu Huruf, Anak Tunagrahita Sedang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:23
Last Modified: 16 Jun 2020 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26995

Actions (login required)

View Item View Item