Persepsi Mahasiswa Disabilitas Terhadap Aksesibilitas Non Fisik (layanan) di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Nafri, Jannatul Aini (2020) Persepsi Mahasiswa Disabilitas Terhadap Aksesibilitas Non Fisik (layanan) di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_JANNATUL_AINI_NAFRI_15003159_1192_2020.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas gambaran Persepsi Mahasiswa Disabilitas Terhadap aksesibilitas non fisik (layanan) yang terdiri dari layanan informasi ruang perpustakaan berbentuk tulisan Braile, layanan peralatan orientasi mobilitas layanan mikrokomputer, sikap pegawai pustaka dan layanan audiovisual di Perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan tujuan untuk melihat persentase persepsi mahasiswa disabilitas terhadap aksesibilitas non fisik (layanan) di perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa angket, yang menjadi sumber data yaitu mahasiswa disabilitas tunanetra dan tunarunggu angkatan 2016- 2019 sebanyak 12 mahasiswa disabilitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi Mahasiswa disabilitas terhadap aksesibilitas non fisik (layanan) dilihat dari layanan informasi ruang perpustakaan berbentuk tulisan braile dengan 50,88% tergolong kategori cukup baik, Layanan peralatan orientasi mobilitas dengan 66,67% tergolong kategori sangat tidak baik, layanan mikrokomputer dengan 7 5% tergolong kategori sangat tidak baik, sikap pegawai pustaka dengan 50% tergolong kategori cukup baik, dan layanan audiovisual dengan 41,67% tergolong kategori sangat tidak baik. Dapat disimpulkan persepsi mahasiswa disabilitas terhadap aksesibilitas non fisik (layanan) di perpustakaan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang sangat tidak baik. Saran peneliti bagi sivitas akademik agar lebih memperhatikan aksesibilitas nonfisik agar terciptanya kampus yang ramah disabilitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 08:23
Last Modified: 16 Jun 2020 08:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26992

Actions (login required)

View Item View Item