fektivitas Permainan Edukatif Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Wama pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Padang.

Yani, Gusni Rahma (2020) fektivitas Permainan Edukatif Puzzle untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Wama pada Anak Tunagrahita Ringan di SLB Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_GUSNI_RAHMA_YANI_15003153_1169_2020.pdf

Download (564kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang permainan edukatif puzzle untuk meningkatkan kemampuan mengenal wama pada anak tunagrahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperiman bertujuan untuk membuktikan permainan edukatif puzzle efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan mengenal wama pada anak tunagrahita ringan. Jenis metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan melalui tes perbuatan dan studi dokumentasi diamati langsung dilakukan selama 18 kali pertemuan. Kondisi baseline (Al) untuk mengetahui kemampuan awal anak dalam mengenal wama pada anak tunagrahita ringan, selanjutnya diberikan intervensi (B) dengan menggunakan permainan edukatif puzzle, dilanjutkan dengan kondisi baseline (A2) untuk mengetahui kemampuan mengenal wama anak setelah diberikan intervensi. Kemudian data diolah menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pada kondisi baseline (Al) anak memperoleh hasil 25%. Selanjutnya pada kondisi intervensi (B) anak memperoleh hasil 83,33%. Pada kondisi baseline (A2) anak memperoleh hasil 83,33%. Jadi terbukti bahwa permainan edukatif puzzle efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal wama pada anak tunagrahita ringan. Kata Kunci : Permainan edukatif puzzle, kemampuan mengenal wama, anak tunagrahita ringan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:52
Last Modified: 16 Jun 2020 03:52
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26988

Actions (login required)

View Item View Item