Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Nominal Uang Melalui Multimedia Interaktif pada Siswa Tunagrahita Ringan ( Classroom Action Research Kelas VII di SLB YPAC SUMBAR)

Siregar, Astri Akmalia (2020) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Nilai Nominal Uang Melalui Multimedia Interaktif pada Siswa Tunagrahita Ringan ( Classroom Action Research Kelas VII di SLB YPAC SUMBAR). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ASTRI_AKMALIA_SIREGAR_15003003_1167_2020.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang peneliti temukan pada siswa tunagrahita kelas VII di SLB YPAC SUMBAR yang mempunyai permasalahan dalam mengenal nilai nominal uang dengan benar. Selama ini guru menggunakan metode demonstrasi, ceramah dan tanya jawab kemudian menggunakan media gambar dalam pembelajaran mengenal nilai nominal uang. Siswa mengalami kesulitan mengenal nilai nominal uang, khususnya menyebutkan dan menyebutkan semua nilai pecahan uang. Untuk mengatasi hal tersebut, peneliti menggunakan multimedia interaktif dalam upaya meningkatkan kemampuan mengenal nilai nominal uang pada siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat kali pertemuan tatap muka yang mana di setiap pertemuan dilakukan evaluasi. Siklus dilaksanakan dalam beberapa tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Data dalam penelitian ini dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pembelajaran mengenal nilai nominal uang pada siswa tunagrahita berjalan dengan baik terlihat dari siswa bisa melaksanakan langkah-langkah dalam menggunakan multimedia interaktif. 2) multimedia interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal nilai nominal uang pada siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil tes kemampuan siswa setelah diberi tindakan dalam dua siklus dengan menggunakan mulrimedia interaktif. KataKunci: multimedia interaktif, nilai nominal uang, siswa tunagrahita. iv

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:30
Last Modified: 16 Jun 2020 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26983

Actions (login required)

View Item View Item