Kemampuan Adaptasi Sosial Siswa Autis di SDIT Padang Islamic School.

Asriyanti, Asriyanti (2020) Kemampuan Adaptasi Sosial Siswa Autis di SDIT Padang Islamic School. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_ASRIYANTI_1304724_867_2020.pdf

Download (535kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan siswa autis dalam penyesuaian diri disekolah padang islmic school. Penulis mengamati siswa autis berinsial F. penulis melakukan penelitian terhadap kemampuan adaptasi sosial F. mengingat F bisa mengikuti pembelajaran dengan baik. Dilihat dari aktivitas F mengikuti proses belajar dikelas dengan tenang, mengikuti olahraga bersama teman-teman. Mengikuti shalat berjamaah, sabar dalam menunggu antrian saat memasuki kelas ataupun berwudhu, dan mengucapkan salam sebelum masuk ruangan kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kemampuan adaptasi yang dapat dilakukan siswa autis di sekolah reguler. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa autis (F). teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, teknik wawancara dan study dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa bentuk kemampuan adaptasi sosial, yang dilakukan siswa autis (F) disekolah dasar padang Islamic school. Menunjukan kemampuan telah dapat menyesuaikan dengan baik, hal ini terlihat dari aktivitas siswa autis dengan siswa pada umumnya pada saat kegiatan, mengikuti tata tertib aturan baris berbaris sebelum memasuki kelas. Melaksanakan shalat dan mengaji. Membuka sepatu sebelum memasuki ruangan memakai seragam sekolah sesuai aturan sekolah. Mengikuti pembelajaran dengan tenang, mengerti dan melaksanakan apa yang diperintah oleh guru, dan makan bersama dengan teman dikelas. Kata Kunci : Autis, Kemampuan Bersosialisasi ii

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:30
Last Modified: 16 Jun 2020 03:30
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26982

Actions (login required)

View Item View Item