Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMKN 3 Padang

Marliani, Radilla (2020) Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMKN 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RADILLA_MARLIANI_1300032_1487_2020.pdf

Download (598kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan wawancara penulis di SMK N 3 Padang yang menunjukkan kurang baiknya proses supervisi akademik oleh kepala sekolah dalam meningkatkan kompetensi guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran mengenai Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah di SMK N 3 Padang yang dilihat dari segi Aspek supervisi akademik, Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Tindak Lanjut Hasil Supervisi Akademik. Adapun pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Akademik dalam hal aspek, pelaksanaan, dan tindak lanjut hasil supervisi akademik. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru SMKN 3 Padang yang berjumlah 83 orang. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dalam bentuk skala likert. Angket tersebut sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Persepsi Guru Tentang Proses Supervisi Akademik di SMKN 3 Padang dilihat dari 1) aspek supervisi akademik berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 82,7 5%, 2) pelaksanaan supervisi akademik berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 83,25%, dan 3) tindak lanjut hasil supervisi akademik berada pada kategori cukup baik dengan tingkat capaian skor sebesar 78,06%, Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Proses Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah menurut persepsi guru berada pada kategori baik dengan tingkat capaian skor sebesar 81,36%. Kata Kunci : Proses Supervisi Akademik Oleh Kepala Sekolah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 16 Jun 2020 03:10
Last Modified: 16 Jun 2020 03:10
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26977

Actions (login required)

View Item View Item