Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV Sekolah Dasar.

Dari, Retno Wulan (2020) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Terpadu Berbasis Kearifan Lokal di Kelas IV Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_RETNO_WULAN_DARI_18124044_931_2020.pdf

Download (532kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum ditemukan bahan ajar tematik terpadu yang dibuat khusus sesuai kearifan lokal Kabupaten Indragiri Hulu, sehingga siswa kurang termotivasi, sulit memahami materi dan belum mengenal kearifan lokal yang ada di daerah Kabupaten Indragiri Hulu dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan bahan ajar tematik terpadu berbasis kearifan lokal di kelas IV Sekolah Dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4-D define, design, develop, dan dessiminate. Subjek Penelitian adalah siswa kelas IV SDN 031 Seminai Kabupaten Indragiri Hulu. Validasi bahan ajar dilakukan dengan menvalidasi aspek kelayakan isi, kebahasaan dan kegrafikan. Kepraktisan bahan ajar dilakukan dengan mengamati keterlaksanaan RPP, pengisian angket praktikalitas oleh guru dan siswa, sedangkan keefektivan dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil peneltian ini menyatakan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis kearifan lokal di kelas IV Sekolah Dasar telah dinyatakan valid. Hasil uji praktikalitas diperoleh persentase dengan kategori sangat praktis. Hasil uji efektivitas diperoleh dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar tematik terpadu berbasis kearifan lokal di kelas IV Sekolah Dasar yang telah dihasilkan dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kemudian pada tahap penyebaran diperoleh hasil dengan kategori sangat efektif. KataKunci : Bahan Ajar, Tematik Terpadu, Kearifan Lokal. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jun 2020 06:32
Last Modified: 15 Jun 2020 06:32
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26952

Actions (login required)

View Item View Item