Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X MAN Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung

Maulana, Maulana (2017) Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dan Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X MAN Padang Sibusuk Kabupaten Sijunjung. Masters thesis, Pasca Sarjana.

[img]
Preview
Text
A_01_MAULANA_1303870_2817_2017.pdf

Download (112kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya pemahaman matematika siswa. Hal ini terlihat pada hasil tes pemahaman konsep matematis yang diperoleh siswa, hasil observasi dan wawancara dengan guru matematika MAN Padang Sibusuk. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, baik dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan kecerdasan emosional tinggi dan rendah, serta interaksinya. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang berbentuk randomized block design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MAN Padang Sibusuk. Pemilihan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.3 sebagai kelas eksperimen berjumlah 24 orang dan kelas X.1 sebagai kelas kontrol berjumlah 24 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket kecerdasan emosional dan tes akhir pemahaman konsep. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini, yaitu uji-t dan uji anava dua arah.Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1) diperoleh nilai signifikansi 0,011 < 0,05 berarti, pemahaman konsep matematika siswa secara keseluruhan yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional; (2) diperoleh nilai signifikansi 0,015 < 0,05 berarti pemahaman konsep matematika siswa berkecerdasan emosional tinggi yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional; (3) diperoleh nilai signifikansi 0,013 < 0,05 berarti pemahaman konsep matematika siswa berkecerdasan emosional rendah yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing lebih tinggi dari siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional; (4) diperoleh nilai signifikansi 0,960 > 0,05 berarti tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional siswa dalam mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa.Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan; pertama, terdapat perbedaan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing dengan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional baik dilihat secara keseluruhan, maupun berdasarkan kecerdasan emosional tinggi dan rendah. Kedua, tidak terdapat interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kecerdasan emosional dalam mempengaruhi pemahaman konsep matematika siswa. Hal ini berarti pendekatan pembelajaran inkuiri terbimbing berpengaruh baik terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: mrs Mulida Jamarin
Date Deposited: 18 Jun 2020 07:33
Last Modified: 18 Jun 2020 07:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26950

Actions (login required)

View Item View Item