Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif ( mand) Bagi Anak Autisme Menggunakan Pendekatan ABA VB di SLB Khansa

Mandala, Kania (2020) Peningkatan Kemampuan Berbahasa Ekspresif ( mand) Bagi Anak Autisme Menggunakan Pendekatan ABA VB di SLB Khansa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_KANIA_MANDALA_15003042_5253_2019.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berbahasa ekspresif (mand) pada anak autisme yang masih berada pada taraf yang rendah, sehingga mengakibatkan anak tidak bisa menggunakan bahasa sebagai alat untuk berkomunikasi dengan orang lain. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari pendekatan ABA VB terhadap peningkatan kemampuan berbahasa ekspresif (mand) pada anak autisme. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan SSR (Single Subject Research) desain ABA yang dilaksanakan selama 14 kali pengamatan dengan subjek tunggal. Pada kondsi baseline (A1) terdiri dari 4 sesi, kondisi intervensi terdiri dari 7 sesi, dan pada kondisi baseline (A2) terdiri dari 3 sesi. Subjek dalam penelitian adalah anak autisme berjenis kelamin laki-laki dengan umur 11 tahun yang bersekolah di SLB Khansa, Padang. Pengolahan data diukur dan dianalisis. Penelitian ini menganalisis perbandingan antara hasil baseline AI, hasil intervensi B dan hasil baseline A2. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung menggunakan jenis pengukuran dalam bentuk persentase (%) dengan alat pencatatan data memakai format pengumpul data yaitu instrument tes berbentuk ceklis. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis visual grafik. Hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis setiap kondisi pada baseline (A1), intervensi (B) dan baseline (A2) didapatkan bahwa anak mampu berbahasa ekspresif (mand) yang terdiri dari mand makanan dan mand barang dengan bantuan intervensi. Hal ini dibuktikan pada hasil penelitian yang terdapat pada kondisi intervensi (B) dan baseline (A2) skor yang diperoleh anak lebih tinggi dari pada skor di kondisi baseline (AI). Hal ini membuktikan bahwasanya kemampuan berbahasa ekspresif (mand) pada anak autisme mengalami peningkatan secara positif dengan keterjalan yang tinggi setelah dilakukan intervensi dengan menggunakan pendekatan ABA VB.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 07:08
Last Modified: 05 Apr 2021 07:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26943

Actions (login required)

View Item View Item