Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar.

Qodrio, Merliena (2020) Pengembangan Buku Ajar Tematik Terpadu Menggunakan Pendekatan Discovery Learning untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MERLIENA_QODRIO_16124110_1312_2020.pdf

Download (588kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan buku ajar yang ditemukan di lapangan yaitu: buku ajar kurang sesuai dengan tuntutan Kompetensi Dasar (KD), kurangnya pedoman penggunaan buku ajar sebagai panduan dalam pembelajaran bagi siswa. Tujuan yang hendak dicapai dalam pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan buku ajar tematik terpadu yang valid, praktis, dan efekti£ Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4-D yaitu: tahap pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar keterlaksanaan RPP, penilaian respon guru dan penilaian respon siswa. Uji keefektifan dilihat dari aktivitas, penilaian proses tematik terpadu. Berdasarkan uji validitas, diperoleh data bahwa persentase rata-rata RPP diperoleh 85,28% dari validator ahli, dari validator praktisi adalah 89,90%. Hasil persentase rata-rata buku ajar diperoleh 89,30% dari validator ahli (sangat valid), dari validator praktisi adalah 87,08%. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP dengan persentase 89,40%. Penilaian respon guru diperoleh 86,25% dan penilaian respon peserta didik 89,99%. Efektifitas perangkat pembelajaran dilihat dari aktivitas diperoleh 88,66%. Dari penilaian proses pembelajaran diperoleh 88,4%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa buku ajar tematik terpadu menggunakan Discovery Learning untuk siswa kelas V SD yang dikembangkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efekti£ Kata Kunci: Discovery Learning, Pengembangan Buku Ajar, Tematik Terpadu ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:33
Last Modified: 15 Jun 2020 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26937

Actions (login required)

View Item View Item