Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dalam Tematik Berbasis Model Visual,Auditory,Reading,and Kinesthetic di Kelas I Sekolah Dasar.

Ratih, Maistika (2020) Pengembangan Bahan Ajar Membaca Permulaan dalam Tematik Berbasis Model Visual,Auditory,Reading,and Kinesthetic di Kelas I Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_MAISTIKA_RATIH_8124025_73_2020.pdf

Download (809kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh bahan ajar yang digunakan pendidik belum memfasilitasi peserta didik terhadap bahan ajar yang digunakan secara maksimal dalam kegiatan Visual, Auditory, Reading, dan Kinesthetic sehingga daya tarik peserta didik dalam pembelajaran masih kurang, dan mengakibatkan rendahnya basil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan bahan ajar membaca permulaan dalam tematik berbasis model Yark yang valid, praktis, dan efektif. Model Plomp yang digunakan menghasilkan desain prototype dengan self evaluation, dan expert review evaluation oleh 3 ahli. Prototype diujicoba dengan metode one to one evaluation dan metode small group dilakukan di SD IT Ar-Rahmah Padang kemudian dilanjutkan dengan metode fielt test evaluation di kelas I SD IT Nurisma Sungai Sirah Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan untuk mengetahui praktikalitas. Sedangkan untuk mengetahui efektivitas dilakukan ujicoba dengan metode fielt test evaluation di SDN 14 Sungai Sirah Kecamatan Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil penelitian pengembangan bahan ajar diperoleh tingkat validitas bahan ajar 93.10% dengan kategori sangat valid. Ujicoba dengan metode one to one 96.15 %, small group 96.92%, dan fielt test evaluation diketahui bahwa tingkat praktikalitas 98.06% berada pada kategori sangat praktis. Pratikalitas respon pendidik 99.3 %. Hal ini dapat dilihat validitas RPP rata-rata 78.62% dengan kategori valid, dilihat dari keterlaksanaan RPP 98.38% dengan kategori sangat valid. Selanjutnya dari basil efektifitas bahan ajar membaca permulaan ditunjukkan rata-rata 96.25% dengan kategori sangat baik. kemampuan visual peserta didik 91.07%, rata-rata kemampuan auditory peserta didik 93,65%, rata-rata kemampuan reading peserta didik 86.50%, dan rata- rata kemampuan kinesthetic peserta didik 95.43%. Rata-rata kemampuan Visual, Auditory, Reading dan Kinesthetic peserta didik 91.66 dengan kategori sangat baik. Hal di atas menunjukkan bahwa Bahan ajar membaca permulaan dalam tematik berbasis model Visual, Auditory, Reading, and Kinesthetic (VARK) yang dikembangkan dinyatakan sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif digunakan dikelas I SD. Kata Kunci : BahanAjar, Membaca Permulaan Tematik, Yark, SekolahDasar. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:33
Last Modified: 15 Jun 2020 03:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26931

Actions (login required)

View Item View Item