Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif,Inkuiri,dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Bolavoli di SMA N 1 Kee.Kapur IX.

Surya, Gova Ananda (2020) Pengaruh Metode Pembelajaran Kooperatif,Inkuiri,dan Motivasi Belajar Terhadap Keterampilan Bolavoli di SMA N 1 Kee.Kapur IX. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_GOVA_ANANDA_SURYA_17199026_1503_2020.pdf

Download (619kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ( 1) Perbedaan hasil latihan keterampilan bolavoli siswa diberi perlakuan metode kooperatif dibanding metode inkuiri, (2) Interaksi antara metode pembelajaran dan Motivasi Belajar terhadap hasil latihan keterampilan bolavoli, (3) Perbedaan hasil latihan keterampilan bolavoli siswa memiliki Motivasi Belajar tinggi antara diberi metode pembelajaran kooperatif dengan metode pembelajaran inkuiri, (4) Perbedaan hasil latihan keterampilan bolavoli siswa memiliki Motivasi Belajar rendah antara diberi metode pembelajaran kooperatif dengan metode pembelajaran inkuiri. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain by level 2x2. Populasi penelitian ini seluruh siswa ektrakurikuler bolavoli SMA N 1 Kee. Kapur IX dengan sampel 48 orang. Instrument penelitian yang digunakan adalah dalam bentuk tes untuk mengukur keterampilan bolavoli dan tes tingkat Motivasi Belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan desain Anova by level 2x2 pada taraf a= 0,05 dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil dari penelitian ini menunjukkan 1) Secara keseluruhan terdapat perbedaan pengaruh metode latihan kooperatif dan inkuiri terhadap keterampilan bolavoli (Qh = 5.90 > Qt = 2.86), 2) Terdapat interaksi antara metode latihan kooperatif dan inkuiri dengan Motivasi Belajar terhadap keterampilan bolavoli (Fh = 11.88 >Ft= 6.96), 3) Terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan kooperatif dan inkuiri bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar tinggi terhadap keterampilan bolavoli (Qh = 11.21 > Qt = 2.92), 4) Tidak terdapat perbedaan pengaruh antara metode latihan kooperatif dan inkuiri bagi siswa yang memiliki Motivasi Belajar rendah terhadap keterampilan bolavoli (Qh = 2.87 < Qt= 2.92). Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Pembelajaran Inkuiri, Motivasi Belajar, Keterampilan Bolavoli.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:40
Last Modified: 12 Jun 2020 12:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26905

Actions (login required)

View Item View Item