Pengaruh Metode Latihan Small Sided Games,Metode Latihan Drill dan Kemampuan Motorik terhadap Keterampilan Passing Pemain Sepakbola (Studi Eksperimen pada Pemain SSB Buana Citra 2000 Karimun U-16).

Saputra, Edwin Ade (2020) Pengaruh Metode Latihan Small Sided Games,Metode Latihan Drill dan Kemampuan Motorik terhadap Keterampilan Passing Pemain Sepakbola (Studi Eksperimen pada Pemain SSB Buana Citra 2000 Karimun U-16). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_EDWIN_ADE_SAPUTRA_17199098_1477_2020.pdf

Download (703kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis dilapangan terlihat bahwa masih rendahnya keterampilan passing bola pemain SSB Buana Citra 2000 Karimun U-16. Kesalahan sering terjadi pada akurasi dan kualitas passing, sehingga menyebabkan permainan kurang berjalan dengan baik. Hal ini diduga dipengaruhi oleh metode latihan dan kemampuan motorik yang dimiliki pemain. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan metode latihan small sided games, metode latihan drill dan kemampuan motorik terhadap keterampilan passing pemain S SB Buana Citra 2000 Karimun U-16. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimental). Populasi penelitian ini adalah seluruh pemain SSB Buana Citra 2000 Karimun pada usia dibawah 16 tahun yang berjumlah 42 orang. Penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Purposive sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 20 orang. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah Test Passing-Stoping, dan Scott Motor Ability Test. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisa varians (ANOV A) dua jalur dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Hasil analisis data ditemukan bahwa: (1) keterampilan passing pemain sepakbola kelompok metode latihan small sided games lebih baik dari pada kemampuan passing kelompok metode latihan drill, (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dan kemampuan motorik terhadap keterampilan passing pemain sepakbola SSB Buana Citra 2000 Karimun U-16, (3) Pada kelompok yang memiliki kemampuan motorik tinggi, keterampilan passing pemain sepakbola yang diberikan metode latihan small sided games lebih baik dari pada kelompok metode latihan drill (4) Pada pemain yang memiliki kemampuan motorik rendah, keterampilan passing pemain sepakbola yang diberikan latihan metode drill sama baiknya dengan kelompok metode latihan small sided games. Kata Kunci: Keterampilan Passing Sepakbola, Latihan Small Sided Games, Latihan Drill dan Kemampuan Motorik ii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:40
Last Modified: 12 Jun 2020 12:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26902

Actions (login required)

View Item View Item