Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa.

Khairoes, Desmarita (2020) Penerapan Storytelling Untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Tematik di Kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DESMARITA_KHAIROES_18124009_1362_2020.pdf

Download (506kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berbicara siswa kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa.Oleh karena itu, dilakukan penelitian untuk mengetahui peningkatan keterampilan berbicara dengan menggunakanstorytelling (mendongeng) dengan media gambar seri terhadap siswa kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa Tahun 2019-2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dan membantu siswa kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa. Penelitian ini menggunakan Storytelling. J enis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri atas kegiatan awal, kegiatan inti, dan kegiatan akhir. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menumjukkan terdapat penimgkatan kemampuan berbicara melalui storytellingbahwa pada tindakan siklus I dari 25 orang peserta didik yang tuntas 66,25% . dan pada siklus II 85,25% dengan kategori sangat baik. Hal ini berarti pembelajaran pada siklus II telah memenuhi indikator keberhasilan sehingga dapat disimpulkan bahwa perbaikan pembelajaran dengan storytelling dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas I SDN 02 Koto Tangah Batu Ampa. iii

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:40
Last Modified: 12 Jun 2020 12:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26901

Actions (login required)

View Item View Item