Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai,Koordinasi Mata Tangan,dan Konsentrasi Berpikir Terhadap Kemampuan Smash pada Atlet Bolavoli SMA Negeri Olahraga Rian.

Andrijas, Andrijas (2020) Pengaruh Daya Ledak Otot Tungkai,Koordinasi Mata Tangan,dan Konsentrasi Berpikir Terhadap Kemampuan Smash pada Atlet Bolavoli SMA Negeri Olahraga Rian. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ANDRIJAS_17199009_47_2020.pdf.pdf

Download (590kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di lapangan, ketika atlet melakukan lompatan dalam olahraga bolavoli, lompatan kurang tinggi dan kurang maksimal, Kemudian daya ledak otot tungkai atlet kurang maksimal, selain itu koordinasi mata tangan atlet masih kurang terarah dan akurat sehingga dapat mengurangi kemampuan pukulan smash, dan bola yang dipukul sering nyangkut di net dan mudah di block lawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh secara langsung dan tidak langsung daya ledak otot tungkai, koordinasi mata tangan dan konsentrasi berfikir terhadap kemampuan smash pada atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan analisis jalur. Populasi dalam penelitian ini atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau yang berjumlah 22 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Ada pengaruh langsung yang signifikan daya ledak otot tungkai terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau, 2) Ada pengaruh langsung yang signifikan koordinasi mata tangan terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau, 3) Ada pengaruh langsung yang signifikan konsentrasi berpikir terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau, 4) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan daya ledak otot tungkai melalui konsentrasi berpikir terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau, 5) Ada pengaruh tidak langsung yang signifikan koordinasi mata tangan melalui konsentrasi berpikir terhadap kemampuan smash atlet bolavoli SMA Negeri Olahraga Riau. Kata Kunci Daya Ledak Otot Tungkai, Koordinasi Mata Tangan, Konsentrasi Berpikir, Kemampuan Smash

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Sport General
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:39
Last Modified: 12 Jun 2020 12:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26898

Actions (login required)

View Item View Item