Pelaksanaan Pembelajaran pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kelas III dalam Penggunaan Metode Dan Media di SDN 10 Sungai Sapih

Pratama, Yola Yuresty (2020) Pelaksanaan Pembelajaran pada Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi Kelas III dalam Penggunaan Metode Dan Media di SDN 10 Sungai Sapih. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_YOLA_YURESTY_PRATAMA_1304622_1163_2020.pdf

Download (462kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pembelajaran sekolah inklusi kelas III SD Negeri 10 Sungai Sapih yang meliputi penggunaan metode pembelajaran, penggunaaan media pembelajaran, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran dan upaya guru dalam mengatasi kendala tersebut. Serta untuk menggambarkan bagaimana situasi di lapangan dalam pelaksanaan pembelajaran disalah satu sekolah penyelengara pendidikan inklusif Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian meliputi seorang guru kelas III, seorang guru pendamping khusus, dan kepala sekolah. Jumlah siswa kelas III sebanyak 30 siswa terdiri dari siswa reguler dan lambat belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan melalui triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan model interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Penggunaan metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran di sekolah inklusi kelas III SD Negeri 10 Sungai Sapih, metode yang digunakan antara lain: ceramah, tanya jawab, dan pemberian tugas cara pemilihan metode yaitu disesuaikan dengan materi pelajaran, 2) Penggunaan media pembelajaran dalam pelaksanaan pembelajaran kelas III menyesuaikan pada materi pelajaran., media yang digunakan antara lain: papan tulis, buku paket dan media sederhana yang konkret, mudah dipahami, dan sesuai ketertarikan siswa,3) Kendala-kendala dalam pelaksanaan pembelajaran yaitu siswa reguler terganggu dengan teman-temannya di kelas, guru sulit mengkondisikan kelas dan menjelaskan materi secara berkali-kali kepada siswa lambat belajar, 4) Upaya guru dalam mengatasi kendala adalah guru selalu memulai pelajaran saat semua siswa tenang, memberi pendekatan, motivasi. Kata kunci: Pembelajaran, Sekolah Inklusi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:39
Last Modified: 12 Jun 2020 12:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26891

Actions (login required)

View Item View Item