Pengembangan Desain Pembelajaran dengan Model ASSURE pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 2 kelas V Sekolah Dasar.

Suhami, Leli Tuti (2020) Pengembangan Desain Pembelajaran dengan Model ASSURE pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 2 kelas V Sekolah Dasar. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_ LELI_TUTI_SUHARNI_18124024_1229_2020.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan desain pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu tema 2 kelas V Sekolah Dasar (2) menghasilkan desain pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu tema 2 kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Dalam merancang desain pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan ASSURE. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Subjek penelitian peserta didik kelas V SD N egeri 09 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian ini, yaitu; (1) proses pengembangan dengan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: (a) Analyze learners characteristics, (b) State objectives, (c) Select methods, media, and materials, (d) Utilize materials, (e) Requires learner participation, (f) Evaluate and revise. (2) RPP yang dikembangkan valid dengan hasil uji ahli isi yaitu 86,4% berada pada kualifikasi sangat valid. (3) Kriteria kepraktisan dari respon guru 91,67% dan respon peserta didik 86, 1 %. (4) Kriteria kefektivan dari keterlaksanaan RPP yaitu 97 ,08%, aktivitas peserta didik dan hasil belajar mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan aspek keterampilan. Hasil observasi aktivitas peserta didik yaitu 88,5% berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan persentase masing-masing komponen yaitu 87 ,65%, 88,87%, dan 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa desain pembelajaran dengan model ASSURE yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif. Leli Tuti Suhami. 2020. "Pengembangan Desain Pembelajaran dengan Model ASSURE pada Pembelajaran Tematik Terpadu Terna 2 kelas V Sekolah Dasar". Tesis. Program Pascasarjana Universitas Negeri Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mengembangkan desain pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu tema 2 kelas V Sekolah Dasar (2) menghasilkan desain pembelajaran pada pembelajaran tematik terpadu tema 2 kelas V Sekolah Dasar yang valid, praktis dan efektif. Dalam merancang desain pembelajaran ini, peneliti menggunakan model pengembangan ASSURE. Produk pengembangan yang dihasilkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Subjek penelitian peserta didik kelas V SD N egeri 09 Ulakan Tapakis. Hasil penelitian ini, yaitu; (1) proses pengembangan dengan menggunakan model ASSURE yang terdiri dari enam tahapan, yaitu: (a) Analyze learners characteristics, (b) State objectives, (c) Select methods, media, and materials, (d) Utilize materials, (e) Requires learner participation, (f) Evaluate and revise. (2) RPP yang dikembangkan valid dengan hasil uji ahli isi yaitu 86,4% berada pada kualifikasi sangat valid. (3) Kriteria kepraktisan dari respon guru 91,67% dan respon peserta didik 86, 1 %. (4) Kriteria kefektivan dari keterlaksanaan RPP yaitu 97 ,08%, aktivitas peserta didik dan hasil belajar mencakup aspek sikap, pengetahuan, dan aspek keterampilan. Hasil observasi aktivitas peserta didik yaitu 88,5% berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar peserta didik dari aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan menunjukkan persentase masing-masing komponen yaitu 87 ,65%, 88,87%, dan 92,30%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa desain pembelajaran dengan model ASSURE yang dikembangkan telah valid, praktis, dan efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:39
Last Modified: 12 Jun 2020 12:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26890

Actions (login required)

View Item View Item