Pengembangan Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Keterampilan Vokasional IT Kelas XII di Sekolah Luar Biasa(SLB).

Nola, Rince Selvia (2020) Pengembangan Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Keterampilan Vokasional IT Kelas XII di Sekolah Luar Biasa(SLB). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_RINCE_SELVIA_NOLA_1208896_7_2020.pdf

Download (792kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum adanya media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak berkebutuhan khusus yang mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran keterampilan vokasional IT . Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan media video tutorial yang valid, praktis, dan efektif pada mata pelajaran keterampilan vokasional IT. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 40 yang terdiri atas 4 tahap yaitu: Pendefenisian (Define), Perancangan (Design), Pengembangan (Develop) dan Penyebaran (Disseminate). J enis data pada penelitian pengembangan media pembelajaran video tutorial ini adalah data primer, di mana data yang didapatkan langsung dari subjek penelitian yaitu dari pakar/ahli media, siswa dan guru. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan menggunakan media video tutorial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media video tutorial yang dikembangkan valid, baik secara desain maupun isi. Validitas desain diuji oleh 2 orang dosen yang ahli dibidang media dengan persentase nilai rata-rata validitas pengembangan produk adalah 90,4%. validitas isi di uji oleh 2 orang guru yang ahli dibidang isi materi pembelajaran keterampilan vokasional IT dengan persentase nilai rata-rata validitas pengembangan produk adalah 84,5% . Praktikalitas diuji oleh 2 orang guru mata pelajaran dan 19 orang siswa, dan didapatkan bahwa media video tutorial ini sangat praktis dengan persentase rata- rata kepraktisan produk oleh guru 83,13% dan siswa 85,79%. Berdasarkan hasil tes yang diberikan kepada siswa setelah menggunkan media video tutorial, persentasi hasil belajar siswa yang telah mencapai KKM (Kriteria Kelulusan Minimal) yakni 84,2%, sehingga disimpulkan bahwa media pembelajaran menggunakan video tutorial ini efektif diterapkan dalam pembelajaran. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media video tutorial ini valid, praktis, dan efektif untuk dimanfaatkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran keterampilan vokasional IT sehingga membawa dampak terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Kata kunci : Pengembangan, Video Tutorial, Keterampilan Vokasional IT, SLB 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:38
Last Modified: 12 Jun 2020 12:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26883

Actions (login required)

View Item View Item