Konsep Penginjeksian Mata Kuliah Baru Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang (Case Study Mata Kuliah Image Processing).

Utari, Nadia (2020) Konsep Penginjeksian Mata Kuliah Baru Pada Program Studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang (Case Study Mata Kuliah Image Processing). Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_NADIA_UTARI_17138105_1082_2020.pdf

Download (724kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menemukan konsep penginjeksian mata kuliah baru pada program studi Pendidikan Teknik Elektro, hal ini bisa didapatkan dengan melakukan pengayaan kurikulum untuk mengikuti perkembangan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi. Pengayaan kurikulum dapat dilakukan dengan menambahkan mata kuliah baru. Mata kuliah yang sesuai dengan perkembangan dewasa ini adalah mata kuliah Image Processing. Image Processing adalah mata kuliah di bidang Teknik Elektro yang membahas pengolahan data dan menganalisis data dalam bentuk gambar untuk dijadikan informasi penting seperti yang diminta. Implementasi mata kuliah Image Processing banyak ditemukan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya pada ponsel, televisi, satelit, senjata militer, bidang kedokteran dan banyak lainnya yang kini menggunakan ilmu pengolahan gambar. Oleh sebab itu, peneliti akan menginjeksikan mata kuliah Image Processing pada kurikulum Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Peneliti menggunakan penelitian kualitatif pendekatan komparatif ex post facto. Teknik yang peneliti gunakan dalam penelitian ini dengan membandingkan dua kelompok kurikulum yang berbeda, yaitu membandingkan kurikulum Universitas LPTK (Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan) dan kurikulum Universitas Non-LPTK dalam menemukan masing-masing karakteristik kurikulumnya. Peneliti akan membandingkan mata kuliah Image Processing dan mata kuliah yang selaras dengan kurikulum LPTK. Setelah menguraikan karakteristik mata kuliah tersebut, peneliti mendapatkan karakteritik mata kuliah Image Processing dapat selaras dengan karakteristik keteknikan kurikulum LPTK khususnya pada program studi Pendidikan Teknik Elektro. Capaian pembelajaran dari mata kuliah Image Processing dapat menyeimbangi capaian pembelajaran lulusan program studi Pendidikan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Kata Kunci: Kurikulum, Pendidikan Vokasional, Image Processing. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 12:38
Last Modified: 12 Jun 2020 12:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26879

Actions (login required)

View Item View Item