Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory Menggunakan Model CIPP Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 1 Padang.

Pratiwi, Monica (2020) Evaluasi Pelaksanaan Teaching Factory Menggunakan Model CIPP Program Keahlian Teknik Sepeda Motor di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_MONICA_PRATIWI_17138077_20_2020.pdf

Download (687kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang Pelaksanaan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah 1 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Teaching Factory dengan (1) konteks, (2) input, (3) proses (4) produk, karena model CIPP dievaluasi sebagai model yang relevan dan komprehensif untuk evaluasi program. Jenis penelitian ini adalah penelitian evaluasi menggunakan model CIPP yang dikembangkan oleh Stufflebeam (2003). Metode yang digunakan adalah metode kombinasi (Mixed Method). Data kuantitatif yang dilakukan yaitu dengan menyebarkan kuesioner kepada 15 fasilitator dan 51 siswa dalam pelaksanaan Teaching Factory di SMK Muhammadiyah 1 Padang, sedangkan data kualitatif melalui wawancara dengan informannya adalah fasilitator dan siswa. Data kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif dan data kualitatif dianalisis menurut Herdiansyah yaitu pengumpulan data, reduksi data, mendisplai data, dan menarik kesimpulan. Penggabungan data kuantitatif dan kualitatif berfungsi untuk memperkuat, membuktikan, memperluas, dan memperdalam data kuantitatif yang telah dilakukan pada tahap pertama. Hasil penelitian evaluasi menunjukkan bahwa ( 1) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek konteks dengan responden fasilitator sebesar 80,6% masuk kategori sangat baik dan dari aspek siswa sebesar 80% masuk kategori sangat baik; (2) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek input dengan responden fasilitator sebesar 80,8% masuk kategori sangat baik dan dari aspek siswa sebesar 75,6% masuk kategori baik; (3) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek proses dengan responden fasilitator sebesar 80,4% masuk kategori baik dan dari aspek siswa sebesar 72,9% masuk kategori baik; (4) pelaksanaan Teaching Factory dari aspek produk dengan responden fasilitator sebesar 80% masuk kategori baik dan dari aspek siswa sebesar 76,1% masuk kategori baik. Kata Kunci: Evaluasi, Teaching Factory, Model Evaluasi CIPP. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:50
Last Modified: 12 Jun 2020 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26878

Actions (login required)

View Item View Item