Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Model Integrasi Kolb Learning dan Keterampilan 4C's Pada Mata Kuliah Pedagogi.

Isnawati, Isnawati (2020) Pengembangan Perencanaan Pembelajaran Berbasis Model Integrasi Kolb Learning dan Keterampilan 4C's Pada Mata Kuliah Pedagogi. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ISNAWATI_17138102_1083_2020.pdf

Download (938kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kompetensi pedagogi mahasiswa PPG yang terlihat dari hasil UKG nasional masih dibawah standar kompetensi minimun. Salah satu faktor yang mempengaruhi yaitu kurang tepatnya perencanaan pembelajaran yang digunakan oleh dosen dalam membelajarakan mahasiswa. Maka diperlukan pengembangan perencanaan pembelajaran yang dapat membelajarkan mahasiswa sesuai dengan gaya belajar mahasisiwa itu sendiri, sehingga diharapkan mampu menguasai kompetensi 4C' s dalam pembelajaran pedagogi. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perencanaan pembelajaran yang valid, praktis dan efektif pada mata kuliah Pedagogi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R & D) dengan model ADDIE yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: Analisis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Jenis data yang digunakan yaitu data primer dengan memberikan angket kuesioner kepada para Ahli, Dosen, dan Mahasiswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis data deskriptif dengan mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan, keefektifan RPS dan SAP berbasis model integrasi kolb leraning dan 4C's. Hasil penelitian dan pengembangan ini adalah telah menghasilkan Perencanaan Pembelajaran berbasis model integrasi kolb leraning dan 4C's pada mata kuliah Pedagogi. Validitas Perencanaan Pembelajaran berbasis model integrasi kolb leraning dan 4C' s dinyatakan oleh para ahli sebagai perencanaan pembelajaran yang valid melalui aspek RPS, aspek SAP dan aspek Bahasa. Praktikalitas perencanaan pembelajaran berbasis model integrasi kolb leraning dan 4C 's berdasarkan respon dosen dan mahasiswa pada mata kulih pedagogi berada pada kategori sangat praktis. Perencanaan pembelajaran berbasis model integrasi kolb learning juga dinyatakan efektif meningkatkan hasil belajar mahasiswa yang diketahui dengan nilai Gains Score berada pada kategori Sedang. Sedangkan pengujian perbedaan rata-rata hasil belajar berdasarkan keempat tipe gaya belajar mahasiswa didapatkan bahwa hasil belajar tertinggi terdapat pada mahasiswa tipe gaya belajar thinker dan terendah pada tipe gaya belajar feeler. Berdasarkan temuan penelitian dapat disimpulkan Perencanaan Pembelajaran berbasis model integrasi kolb leraning dan 4C's ini valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merekomendasikan sebaiknya dosen menggunakan perencanaan pembelajaran berbasis model integrasi kolb learning dan 4C's sebagai perencanaan pembelajaran yang dapat mendukung keaktifan mahasiswa dalam kegiatan perkuliahan. KataKunci: Perencanaan Pembelajaran, kolb learning, 4C's, Pedagogi 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:50
Last Modified: 12 Jun 2020 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26876

Actions (login required)

View Item View Item