Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik KelasIVdi SD Dian Andalas

Ihsana, Rilly Sri (2020) Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran dalam Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik KelasIVdi SD Dian Andalas. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_RILLY_SRI_IHSANA_14004079_681_2020.pdf

Download (289kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan masalah di SD Dian Andalas, pada pembelajaran tematik pada mata pelajaran tema 5 sub tema 1 sebagian siswa kelas IVbelum mencapai batas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Proses belajar menagajar yang masih berpusat pada guru serta penggunaan model dan metode yang kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruhpenggunaan media video pembelajaran dalam pendektan santifik kelas IV di SD Dian Andalas. Penelitian ini menggunakan pendekatankuantitatifberbentuk quasy eksperimen. Populasi seluruh siswa kelas IVSD Dian Andalas pada tahun ajaran 2019/2020. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling, siswa kelas IV Bsebagai kelas eksperimen dan siswa kelas IV Csebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal dan alat pengumpulan data berupa lembaran tes. Jenis data berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t. Rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan penggunaan media video pembelajaran84,659 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 76,785. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar tematik (tema 5 sub tema 1) antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan media video pembelajarandan kelompok siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional, hal ini berdasarkan perhitungan uji t diperoleh t_hitung = 2,539 sedangkan t_tabel pada α 0,05 adalah 2,021. Jika dibandingkan, maka t_hitung lebih tinggi dari t_tabel yaitu 2,539> 2,021. Dengan demikian, penerapan peggunaan media video pembelajaranberpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pembelajaran tematik (tema 5 sub tema 1). Kata Kunci: Media Video Pembelajaran, Pendekatan Saintifik, Pembelajaran Tematik, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:50
Last Modified: 12 Jun 2020 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26864

Actions (login required)

View Item View Item