Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang.

Setiawati, Erlin (2020) Pengembangan Modul Pembelajaran Dasar Kecantikan Kulit Siswa Kelas X Program Keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ERLIN_SETIAWATI_17138065_1481_2020.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari masalah belum adanya modul yang lengkap dan sistematis dalam mata pelajaran dasar kecantikan kulit serta hasil belajar siswa rendah dalam dasar kecantikan kulit. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pengembangan modul pembelajaran dasar kecantikan kulit siswa kelas X Program keahlian Tata Kecantikan SMK Negeri 6 Padang dan melakukan pengukuran validitas, praktikalitas dan efektivitas dari hasil pengembangan. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D), prosedur penelitian dilakukan dengan design pengembangan Four D's dengan tahapan De.fine, Design, Develop dan Disseminate. Instrumen pengumpulan data adalah angket berskala Likert penilai validitas kepada pakar dan praktikalitas oleh siswa, lembar observasi digunakan untuk mengamati proses pembelajaran dalam menilai praktikalitas, soal objektif digunakan untuk penilaian efektivitas. Teknik Analisis data untuk validitas menggunakan rumus Aiken V, praktikalitas menggunakan rumus persentase, dan efektvitas menggunakan independent sample t test. Hasil penelitian adalah 1) Pengembangan telah dilakukan dengan model pengembangan Four D's yang menghasilkan sebuah modul Dasar Kecantikan Kulit dengan dua kompetensi dasar yakni Pengetahuan Perawatan Kulit Wajah dan Rias Wajah Sehari-hari, 2) Modul dasar kecantikan kulit ini dinyatakan valid pada aspek karakteristik modul dan aspek penyusunan modul. Hasil analisis praktikalitas berdasarkan persepsi siswa dan hasil observasi dalam menggunakan modul berkategori sangat praktis. Hasil analisis efektivitas menyatakan bahwa hipotesis yang diajukan berbunyi diterima pada tingkat kepercayaan sangat tinggi, kelompok eksperimen memiliki hasil tes yang lebih tinggi dari kelompok kontrol yang berarti bahwa kelompok eksperimen memiliki pengetahuan dasar kecantikan kulit yang lebih baik secara signifikan dari kelompok kontrol. Berdasarkan hasil penelitian disaranakan dalam pembelajaran dasar kecantikan kulit siswa dapat menggunakan modul pembelajaran dasar kecantikan kulit, karena modul telah valid, praktis dan efektif meningkatkan hasil belajar. KataKunci: Modul, Dasar Kecantikan Kulit, Penelitian dan Pengembangan. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > TX Home economics
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:50
Last Modified: 12 Jun 2020 01:50
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26861

Actions (login required)

View Item View Item