Pengembangan Media Permainan Edukatif Annable (Anti Narkoba Table) Bagi Pasien Rehabilitasi Pengguna Narkoba

Saputra, Rezy (2019) Pengembangan Media Permainan Edukatif Annable (Anti Narkoba Table) Bagi Pasien Rehabilitasi Pengguna Narkoba. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_REZ_SAPUTRA_15004067_2972_2020.pdf

Download (518kB) | Preview

Abstract

Pengembangan media permainan edukatif annable (anti narkoba table) bagi pasien rehabilitasi pengguna narkoba merupakan upaya yang dilakukan agar terciptanya media terkait pengedukasian bahaya penyalahgunaan narkoba bagi generasi muda dengan cara yang menyenangkan. Selain itu juga dapat mendorong motivasi dan minat pasien dalam memahami dan menerima materi atau informasi ancaman penyalahgunaan narkoba. Peneltian ini dilatarbelakangi oleh terbatasnya media pembelajaran pada generasi muda terkait bahaya penyalahgunaan narkoba yang didesain menurut prinsip-prinsip pembelajaran dan sesuai dengan kebutuhan rumah rehabilitasi. Penelitian pengembangan media media permainan edukatif annable ini bertujuan untuk menghasilkan produk media permainan edukatif annable dengan materi dan informasi terkini tentang narkoba dan dampak negative narkoba bagi kehidupan generasi muda Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research & Development). Uji validitas produk dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang ahli media dan satu orang ahli materi. Uji praktikalitas diberikan kepada konselor (5 orang) di Rumah Rehabilitasi Pelita Hati Bukittinggi dan 3 Orang pasien rehab untuk menguji kepraktisan produk media permainan edukatif annable yang telah dirancang. Berdasarkan hasil penilaian kelayakan oleh validator media dan validator materi, hasil penilaian oleh satu orang ahli media dikategorikan Valid untuk digunakan dengan nilai rata-rata 4,75. Hasil validasi penilaian oleh ahli materi juga dikategorikan Valid untuk digunakan dengan nilai rata-rata 4,75. Selanjutnya, hasil analisis berdasarkan uji coba untuk praktikalitas produk media permainan edukatif annable berada pada kategori praktis digunakan dengan nilai rata-rata keseluruhan 4,73. Jadi berdasarkan hasil uji validitas dan praktikalitas dapat disimpulkan bahwa produk media permainan edukatif annable yang telah dikembangkan pada pada pasien rehabilitasi pengguna narkoba terbukti valid dan praktis digunakan. Kata Kunci: media pembelajaran, permainan edukatif, rehabilitasi, penyalahgunaan narkoba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26858

Actions (login required)

View Item View Item