Aplikasi Pengkualifikasian New Tecaher Qualified(NTQ)dengan Rule Based Classification Method Guru Teknik lnformatika Sumatera Barat.

Ramadhan, Ary (2020) Aplikasi Pengkualifikasian New Tecaher Qualified(NTQ)dengan Rule Based Classification Method Guru Teknik lnformatika Sumatera Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_ARY_RAMADHAN_16138008_129_2020.pdf

Download (585kB) | Preview

Abstract

Penelitian rm bertujuan untuk melakukan pengembangan aplikasi pengkualifikasian Guru barn Teknik Informatika Sumatera Barat valid, praktis dan efektif. Hal ini dikarenakan belum adanya aplikasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Research and Development yang lebih dikenal dengan R&D. Uji coba penelitian dilakukan pada guru barn Teknik Informatika di beberapa SMK di Sumatera Barat sebanyak 30 orang yang tersebar dalam 18 Kabupaten Kota. Teknik pengkualifikasian menerepkan metode Rule Based Classification. Validitas aplikasi dan soal yang digunakan masing-masing divalidasi oleh 3 orang pakar. Praktikalitas aplikasi didapatkan dengan penyebaran angket kepada guru peserta pengkualifikasian dan efektifitas didapatkan dari tingkatan keberhasilan aplikasi pengkualifikasian. Teknik analisis Data menggunakan rumus Aiken's V untuk mencari validitas dan menghitung persentase kepraktisan untuk praktikalitas serta menggunakan persentase efektifitas untuk mencari keefetivan aplikasi pengkualifikasian. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh nilai validitas media sebesar 0,929 (Valid), dan nilai validitas materi sebesar 0,872 (Valid). Sementara hasil rata-rata praktikalitas yang dinyatakan oleh praktisi sebesar 89,00% dan dikategorikan sangat praktis. Efektivitas dilihat dari presentasi tingkat keberhasilan aplikasi dalam menjalankan setiap proses pengkualifikasian guru sehingga diperoleh nilai sebesar 0,93 % dengan tingkat capaian Sangat Efektif. Kata Kunci: Aplikasi Pengkualifikasian, Rule Based Clasification, Guru TIK Sumatera Barat. 11

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: T Technology > GT Technology (general)
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26856

Actions (login required)

View Item View Item