Meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas melalui metode role playing pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLBN 1 Kubung

Lora, Afrita (2020) Meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas melalui metode role playing pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLBN 1 Kubung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_AFRITA_LORA_15003084_5144_2019.pdf

Download (497kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan metode role playing dalam meningkatkan kemampuan mengenal rambu-rambu lalu lintas yang memiliki tujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses pembelajaran mengenal rambu-rambu lalu lintas melalu metode role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLBN 1 Kubung. 2)Membuktikan apakah metode role playing dapat meningkatkan kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan kelas III di SLBN 1 Kubung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek adalah anak tunagrahita ringan kelas III di SLBN 1 Kubung yang berjumlah dua anak yang berinisial FD dan AF. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan deskriptif kuantatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa role playing dapat meningkatkan proses pembelajaran dan kemampuan mengenal rambu lalu lintas pada anak tunagrahita ringan. Dari hasil penelitian pada siklus I kemampuan anak dalam mengenal rambu lalu lintas didapatkan hasil pertemuan pertama FD (46%), pertemuan kedua (50%), pertemuan ketiga (54%) dan pertemuan keempat (58%). Sedangkan AF pada pertemuan pertama (38%), pertemuan kedua (42%), pertemuan ketiga (46%) dan pertemuan keempat (50%). Siklus II kemampuan anak dalam mengenal rambu-rambu lalu lintas didapatkan hasil pertemuan pertama FD ( 62%), pertemuan kedua (77%), pertemuan ketiga (85%) dan pertemuan keempat (96%). Sedangkan Af pada pertemuan pertama (54%), pertemuan kedua (62%, pertemuan ketiga (73%) dan pertemuan keempat (85%). Dari hasil yang diperoleh diatas dapat diketahui bahwa nilai anak mengalami peningkatan, hal ini dapat di lihat dari kemampuan anak dalam mengenal rambu- rambu lalu lintas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 31 Mar 2021 09:38
Last Modified: 31 Mar 2021 09:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26854

Actions (login required)

View Item View Item