Sistem Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter melalui Boarding School diSMA 3 Painan.

Setiadi, Septania Caesaria (2020) Sistem Pengawasan dalam Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter melalui Boarding School diSMA 3 Painan. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_4_SEPTANIA_CAESARIA_SETIADI_15052118_182_2020.pdf

Download (717kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk pelaksanaan dalam program pendidikan karakter melalui Boarding School di SMA 3 Painan, serta mengidentifikasi bentuk pengawasan dalam pelaksanaan program pendidikan karakter di SMA 3 Painan. Jenis penelitian kualitatif metode deskriptif. Penyajian data diuraikan dalam bentuk uraian deskripsi. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informan penelitian ini yaitu Kepala asrama, Pembina asrama Putra dan Putri, Peserta didik, Orang tua siswa dan masyarakat serta petugas kantin dan petugas kebersihan. Teknik analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun validasi data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelaksanaan program pendidikan karakter SMA N 3 Painan secara keseluruhan sudah terlaksana dengan baik yang mempunyai beberapa program pendidikan karakter yaitu program Sholat fardhu berjamaah, Program Sholat Tahajud, Program Tadarus Qur'an, Program Muhadarah, Program Forum Annisa dan Program Sahabat Taklim, di dalam pelaksanaannya program tersebut menggunakan metode pembiasaan, metode nasehat/motivasi, metode pengawasan/perhatian dan metode peraturan/ sanksi. Namun bentuk pengawasan dalam pelaksanaan pendidikan karakter melalui Boarding School tersebut dikatakan belum maksimal yaitu kurangnya pengawasan dan rasa tanggung j awab sebagian pengurus sebagai pembina di asrama serta kurangnya jumlah tenaga pendidik di asrama yang mengakibatkan sulit dalam memaksimalkan pengawasan. Untuk itu, diharapkan dinas terkait terutama pihak asrama dapat melakukan pengawasan semaksimal mungkin karena dengan anak di asramakan seharusnya dengan mudah dapat melakukan pengawasan yang maksimal karena anak telah dibina dan telah dikontrol selama 24 Jam penuh. KataKunci: Sistem Pengawasan, Pelaksanaan Program Pendidikan Karakter, SMA 3 Painan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26852

Actions (login required)

View Item View Item