Hubungan antara Metode Pembelajaran dengan Minat Belajar Anak di Surau Koto Tuo Kenagarian Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung

Ikbal, Muhammad (2020) Hubungan antara Metode Pembelajaran dengan Minat Belajar Anak di Surau Koto Tuo Kenagarian Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_MUHAMMAD_IKBAL_15005048_863_2020.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar anak didik mengaji ke suaru-surau di Koto Tuo Kenagarian Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Hal ini disebabkan oleh tidak menariknya metode pembelajaran yang diterapakan oleh guru ngaji di surau-surau di Koto Tuo Kenagarian Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis korelasional. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket. Sedangkan alat pengumpulan data dalam penetian ini adalah pedoman kuesioner. Teknik analisis data menggunakan rumus pesentase dan product moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) metode pembelajaran yang diterapkan di surau tidak menarik, (2) minat belajar anak didik mengaji ke surau masih sangat rendah, dan (3) terdapat hubungan yang signifikan antara metode pembelajaran dengan minat belajar anak didik di surau Koto Tuo Kenagarian Lubuk Tarok Kabupaten Sijunjung. Selanjutnya saran yang peneliti berikan adalah diharapkan kepada guru di surau-surau untuk meningkatkan lagi kemampuan dalam menerapkan metode pembelajaran yang bisa membuat anak didik lebih tertarik dengan materi yang akan di ajarkan kepada anak didik, supaya tercapainya hasil belajar yang baik. Kemudian diharapkan kepada peneliti lain agar dapat mencari variabel lain yang berpengaruh terhadap minat belajar. Kata Kunci: metode pembelajaran, minat belajar, surau

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 12 Jun 2020 01:49
Last Modified: 12 Jun 2020 01:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/26844

Actions (login required)

View Item View Item